Categories
Blog

Gimana Sih Awalnya Falya Risol?

Beli ikan masukkan dalam botol, botolnya pecah ikannya mati. Banyak sudah yang produksi Risol, tapi hanya ada satu yang cocok di hati.

Eaaaa… kita mulai dulu blogpostnya dengan pantun ya.

Awal Mula Falya Risol

Jadi disini kita akan ngobrol sedikit tentang bagaimana sih awalnya Falya Risol bermula. Ceritanya bermula dari Susu Kedelai Nutribeans di tahun 2010. Saat itu kami sedang menanti kelahiran anak kedua kami. Karena ingin mencukupi kebutuhan ASI bayi imut yang akan lahir, maka dengan rajin kami kami ASI booster apa nih yang paling efektif. Dapatlah informasi bahwa susu kedelai itu sangat efektif sebagai ASI Booster. Dan bener dong, anak kedua kami tumbuh menjadi bayi yang montok dan kulitnya bersih. Jadi, kalau ditanya apakah susu kedelai efektif sebagai ASI booster, ya alhamdulillah kami sudah membuktikannya sendiri.

Ketika membuat susu kedelai untuk konsumsi sendiri, terbersitlah ide, kenapa kita ngga bikin sekalian buat jualan juga ya? Mulai dari situ, kami mulai produksi untuk berjualan. Sederhana dulu jualannya, dititipkan di kedai bubur ayam yang buka setiap pagi dekat rumah. Sayang sekarang kedai bubur ayamnya sudah tidak buka lagi. Setiap Sabtu dan Minggu itu pembelinya buanyak banget, dan alhamdulillah susu kedelai kami juga ikut habis.

Menu Kedua

Dari susu kedelai, cerita berlanjut ke Risol Mayo. Jadi sebetulnya, risol adalah makanan yang sudah sangat familiar di keluarga kami. Kedua kakak juga memproduksi risol di catering dan kedai mereka. Haha.. ketahuan keluarga kuliner banget ya. Jadi, ketika kita mulai cari ide untuk nambah menu cemilan, yang terbayang langsung risol mayo dong.

Risol Mayo ini buatnya susah-susah gampang sih. Seperti biasa, ketika pertama buat, banyak gagalnya. Diperbaiki prosesnya disana-sini, sampai akhirnya layak untuk dijual. Alhamdulillah, ketika dilempar ke pasaran, banyak yang suka. Banyak tetangga yang mulai pesan untuk menjamu tamunya, ketika ada acara keluarga atau untuk cemilan santai di rumah. Dulu risol mayo ini sempat didistribusikan di toko-toko dan swalayan yang ada di Balikpapan loh. Tapi ya kalau sistemnya seperti itu, kami butuh personel untuk muter-muter setiap hari.

Menu Ketiga

Dari Risol Mayo, lalu produksi apa lagi? Nah, ceritanya setelah Risol Mayo produksinya bisa berjalan dengan stabil, kami mulai coba untuk memproduksi nasi liwet bakar. Nasi liwet bakar generasi pertama menggunakan ayam dan ikan tuna sebagai isiannya. Ini dulu yang disajikan di outlet Falya Risol pertama di komplek perumahan Wika. Kemarin ada pelanggan lama kami yang memesan nasi liwet bakar dengan isian ayam, dan beliau memang adalah pelanggan kami dari dulu kami beroperasi di Wika. Saat ini nasi liwet bakar diolah ketika dipesan jadi nasi serta bumbunya berasa lebih fresh dan meresap. Nasi liwet bakar, disajikan dengan ayam goreng serundeng, ayam bakar, nila bakar, nila goreng, atau ayam kampung.

Nasi Liwet Bakar dan Nila Goreng, salah satu menu yang bisa dinikmati di Falya

Lalu waktu terus bergulir hingga saat ini Falya memiliki beberapa menu tambahan. Terima kasih banyak buat Sobat Falya yang selama ini sudah sangat mendukung kami ya!

Categories
Blog

Radius 3 kilo dari Falya Risol

Outlet Falya memang sedikit ngumpet dari jalan. Artinya kalau Sobat Falya jalan pakai mobil di Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan, Outlet Falya tidak akan langsung terlihat dari mobil. Tapi bagaikan mutiara yang tersimpan rapat di dalam cangkangnya, sekali ketemu outletnya, ngga akan ragu deh untuk mampir dan ngopi-ngopi cantik di dalamnya. In syaa Alloh.

Nah, sore ini, mimin iseng-iseng lagi nge-plot, kira-kira daerah mana aja sih yang dekat dengan Outlet Falya. Hasilnya dengan menggunakan google map, mimin buat deh lingkaran (elips sih sebetulnya) dengan radius sekitar 3 km. Ini untuk mengidentifikasi daerah mana saja yang sangat beruntung karena lokasinya yang dekat sama Outlet Falya Risol, hehe..

Daerah Radius 3 km

Outlet Falya Risol itu terletak di Komplek Masjid An-Nasa’i, Jl. Syarifuddin Yoes, Balikpapan. Jaraknya sekitar 80 meter dari jalan besar. Daerah apa saja yang berada dalam radius 3 km dari Outlet Falya Risol?

Pertama adalah komplek Perumahan yang paling dekat dengan Outlet Falya Risol adalah GPA (Griya Permata Asri) Balikpapan. Posisinya dekat sekali dengan outlet, hanya sayang belum ada jalan tembus yang menghubungkan antara outlet dan komplek ini. Anda harus sedikit memutar jika akan pergi menuju outlet Falya dari GPA.

Perumahan kedua yang rame dan berada dekat dengan Outlet Falya Risol adalah Sepinggan Pratama. Disini mimin paling sering mengunjungi ATM dan tempat cuci mobilnya. Bisa dibilang mimin sudah jadi pelanggan tetap deh untuk cuci mobil di Sepinggan Pratama. Harganya bukan yang termurah di Balikpapan, tapi tempat tunggunya nyaman jadi bisa sambil ngerjain laporan Falya, hehe…

Nah selanjutnya, ini adalah dua komplek yang jaraknya sama-sama dekat ke Outlet Falya Risol. Tamansari Bukit Mutiara (TBM-WIKA) dan Balikpapan Regency. Di Wika inilah posisi dapur falya berada. Jadi ketika beberapa waktu lalu restoran tidak boleh beroperasi, kami menyiapkan makanan dan minuman yang dipesan secara online dari Dapur Falya di WIKA. Kalau untuk Balikpapan Regency sih mimin ngga terlalu sering masuk ke dalamnya ya. Paling ketika butuh untuk ambil uang cash di ATM. Tapi mimin sering belanja ke Maxi yang lokasinya dekat dengan Balikpapan Regency.

Komplek lain yang dekat dengan Outlet Falya adalah Grand City Balikpapan, Pelangi Grand Residence dan Villa Damai yang terletak di Jalan Ruhui Rahayu. Dari Villa Damai, jalan terdekat untuk menuju ke outlet Falya adalah dengan menggunakan jalan tembus ke Komplek GPA.

Ada Apa Aja di Outlet Falya?

Bagi Sobat Falya yang belum pernah ke outlet mungkin akan bertanya-tanya, ada apa aja sih di Outlet Falya? Secara singkat, bisa mimin ceritakan bahwa di Outlet Falya, Sobat semua bisa menikmati tempat makan yang nyaman, bersih dan jauh dari deru lalu-lintas kendaraan. Disana Sobat bisa menikmati kopi Arabika nikmat yang diseduh secara manual dengan V-60, Vietnam Drip dan tentu saja Iced Coffee-nya yang mampu menambah semangat ketika sedang loyo. Berbagai varian risol selalu siap untuk disajikan hangat bagi Sobat semua. Untuk sajian spesial, Falya menyediakan nasi liwet bakar atau nasi bakar yang bisa dipadukan dengan ayam kampung, ayam biasa dan ikan nila. Jika Sobat malas keluar, Falya juga menyediakan layanan pesan antar. Cukup dengan menghubungi mimin via WA di 085954227622, makanan sudah bisa diantar.

Terima kasih banyak buat Sobat Falya semua yang sudah setia membaca dari awal hingga akhir ya. Jika ada yang bisa mimin bantu, jangan ragu untuk langsung menghubungi ya.

Categories
Blog

Pulau Risol

Sobat Falya, pasti kebayang seneng banget ya kalau bisa piknik ke suatu pulau yang indah dengan air yang jernih. Kita pergi kesana dengan menggunakan kapal. Di dalam pulau itu ada dermaga kecil, hamparan rumput yang indah serta pepohonan yang rindang. Tanpa kita sadar, ternyata di dalam pulau itu ada risol yang super besar!

Satu Titik

Hahaha.. memang ngga mungkin banget sih, tapi ada satu sisi yang penting loh disini. Setiap manusia pada suatu titik perlu piknik! Yes, betul sekali. Kita itu tidak bisa terus menerus dihadapkan pada rutinitas harian yang monoton, sekalipun profesi kita adalah hobi yang kita sangat sukai. Di satu saat, pasti ada titik jenuh. Di saat itu rasanya otak kita berhenti untuk bekerja. Ide-ide segar berhenti mengalir dan melakukan suatu aktivitas ringan pun terasa menjadi sangat berat. Nah, di saat itulah kita perlu piknik. Pernah ngga merasakan hal seperti itu?

Piknik Itu Mahal

Tapi piknik kan mahal? Nah pemikiran seperti ini loh yang perlu kita rubah sedikit. Piknik itu sebetulnya tidak perlu biaya yang banyak. Sebetulnya inti dari piknik itu sendiri adalah untuk melakukan hal lain, sedikit memberikan otak kita waktu beristirahat dari aktivitas harian kita. Ngga perlu piknik ke Pulau Risol kok, karena memang saat ini belum ada, hehe.. Tapi cobalah luangkan waktu bersama keluarga untuk jalan-jalan keliling kota. Jika ada kesempatan, luangkan waktu untuk sekedar makan bareng di kedai favoritmu. Sederhana kan? Tapi kami yakin pasti pengaruh positifnya besar banget.

Cara Kami

Kalau kami, salah satu kegiatan keseharian kami adalah memproduksi risol, mulai dari Risol Mayo hingga Risol Beef Curry. Membuat risol adalah sesuatu yang sangat kami sukai. Kami membuatnya dengan penuh dedikasi, dari awal hingga pengemasan, dan kami ingin risol yang kami produksi sangat terjaga kualitas dan kebersihannya. Namun, kami juga ngga kuat dong kalau terus menerus produksi Risol. Harus ada saat dimana kami melakukan aktivitas lain untuk rehat sejenak. Satu hal yang beberapa waktu lalu kami lakukan adalah berkeliling kota dengan anak-anak. Tapi kami tidak turun dari kendaraan, hanya sekedar berkeliling dari rumah, pantai Melawai, Jalan Minyak dan kembali ke rumah. Tapi itu juga sudah cukup menyegarkan kembali suasana hati kami. Alhamdulillah masih diberi kesehatan sehingga kita bisa jalan-jalan keliling Kota Balikpapan.

Jadi, ketika rasa jenuh itu tiba, ada baiknya Sobat Falya meninggalkan sejenak aktivitas yang sehari-hari dilakukan. Gunakan waktu libur untuk sepenuhnya melakukan aktivitas baru yang berbeda dengan keseharian kita. Setelah itu kami yakin, Sobat Falya akan kembali ke pekerjaan sehari-hari dengan hati yang gembira dan otak yang jauh lebih segar.

Nah, di bawah ini adalah ilustrasi Pulau Risol, selamat menikmati 🙂

Categories
Blog

Menu Baru: Sausage with Brown Sauce

Alhamdulillah, akhirnya Outlet Falya Risol di Balikpapan sudah buka kembali ya. Kami buka mulai jam 7.30 hingga jam 18.00 ya, setiap hari. Untuk melengkapi kabar gembira ini, kami juga ingin menyampaikan kalau sekarang di Falya sudah ada menu baru loh… Yup, namanya Sausage with Brown Sauce.

Sausage with Brown Sauce menyajikan menu sosis yang nikmat dipadukan dengan Brown Sauce. Brown Sauce adalah saus racikan Falya yang memberikan sensasi sedikit hot dan manis dengan sedikit sentuhan rasa barbeque di dalamnya. Menu ini cocok banget buat dijadikan sebagai menu makanan berat karena harga satu paket sebesar Rp. 20.000 itu sudah termasuk nasi putih loh. Jika Sobat Falya ingin menikmatinya bersama dengan kentang goreng juga bisa kok.

Kehadiran menu baru ini bisa jadi pelengkap super seru untuk beberapa menu snack yang sudah ada sebelumnya, seperti 5 varian risol, creamy choux, bolen pisang bahkan menu ice cream yang ada di Falya Outlet. Jadi tunggu apalagi, yuk buruan kunjungi Outlet Falya Risol di Komplek Masjid An-Nasa’i, Jl. Syarifuddin Yoes, Balikpapan atau hubungi mimin via WA di 085954227622.

Menu terbaru Falya, sudah coba?
Categories
Blog

Jadwal Falya Risol setelah Lebaran

Lebaran tahun ini mungkin menjadi lebaran yang berbeda, karena qodarallah ruang gerak kita begitu terbatas. Mudik amat sangat tidak dianjurkan dan berdiam di rumah menjadi pilihan terbaik untuk saat ini. Namun, semua halangan dan kendala ini jangan sampai menjadi penghalang bagi kita untuk menjadi produktif dan berguna bagi orang lain.

Oh iya, sampai lupa, masih dalam suasana Ramadhan, Falya Risol Mayo dan tim mengucapkan Selamat Hari Raya Iduf Fitri, 1 Syawal 1441 H. Taqobbalallahu minna wa minkum, semoga Alloh subhanahu wata’ala menerima amal ibadah kita selama bulan Ramadhan.

Harapan kita semua tentu saja bulan Ramadhan yang telah meninggalkan kita akan tetap memberikan bekas-bekas kebaikan dalam diri dan ibadah kita. Aamiin.

Jadwal Falya setelah Ramadhan

Lalu bagaimana dengan jadwal Falya setelah Ramadhan? Apakah outlet akan buka? Terus terang kami masih menunggu perkembangan terakhir dan arahan dari Pemerintah Kota Balikpapan. Ketika tulisan ini dibuat, jalan-jalan masih ditutup, kebanyakan karyawan masih bekerja dari rumah dan sekolah-sekolah pun masih belum beroperasi. Satu hal yang pasti, in syaa Alloh, hari Jum’at 29 Mei 2020, layanan pesan antar akan mulai beroperasi kembali. Layanan ini mulai buka dari pagi jam 7 hingga jam 5 sore. Jadi Anda yang ingin sarapan, makan siang, atau persiapan makan malam dapat memanfaatkan layanan ini.

Harapan kita bersama semoga pandemi ini dapat segera berakhir dan kita semua dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Jangan lupa juga untuk ikuti Falya Risol di instagram @Falya_Risol dan Facebook Falya Risol ya. Jangan sampai ketinggalan giveaway dan voucher discount menarik dari kami.

Categories
Blog

Cara Menggoreng Risol, Supaya Cantik!

Menggoreng risol adalah salah satu kegiatan memasak yang menyenangkan. Bagian paling menyenangkan dari menggoreng risol adalah ketika risolnya matang dengan sempurna dan memberikan warna kuning. Diamkan risol sesaat dan setelah suhunya agak dingin, risol siap untuk disantap. Salah satu kuliner paling nikmat adalah menyantap risol yang masih hangat, apalagi ditambah dengan secangkir susu coklat panas.

Menggoreng risol ini dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan bagi Anda yang tidak punya pengalaman memasak sama sekali. Ada beberapa customer yang bertanya kepada kami bagaimana cara menggoreng agar optimal, maka dari itu kami menulis satu blog post khusus yang membahas tentang bagaimana cara menggoreng risol. Sebetulnya caranya mudah, asal kita telah mengetahui beberapa prinsip dasar dalam melakukannya. Supaya lebih jago lagi goreng risolnya, yuk kita lanjutkan membaca.

1. Simpan di Dalam Freezer

Hukumnya wajib untuk menyimpan frozen risol yang telah dibeli di dalam freezer. Risol harus disimpan di dalam keadaan beku, jika tidak kulit risol bisa menjadi lembek. Perlu diperhatikan juga agar tidak menyimpan risol terlalu lama di dalam suhu ruangan. Pastikan risol selalu tersimpan di dalam freezer, dan hanya dikeluarkan ketika akan digoreng. Frozen risol dapat disimpan di dalam freezer dan bertahan hingga 5-7 hari ya Sobat Falya.

2. Panaskan Minyak

Langkah kedua setelah mengeluarkan frozen risol dari dalam freezer adalah memanaskan minyak di atas wajan. Mohon diperhatikan sekali bahwa minyak harus cukup panas ketika risol dimasukkan ke dalam wajan. Bagaimana cara mengukur bahwa minyak cukup panas? Cukup masukkan beberapa butir tepung roti ke dalam minyak, jika dia tenggelam tanpa menimbulkan buih, itu berarti minyak masih belum cukup panas. Jika ketika dimasukkan ke dalam minyak, tepung roti langsung berbuih, itu pertanda minyak sudah cukup panas.

Setelah Anda yakin minyak sudah cukup panas, barulah masukkan risol beku ke dalam wajan penggorengan.

3. Goreng Risol Sedikit Demi Sedikit

Pada prinsipnya, risol yang sedang digoreng itu harus terendam minyak seluruhnya. Jangan sampai ada bagian yang tidak terendam minyak. Jika ini terjadi, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Secara sederhana, bagaimana cara memastikan bahwa semua risol terendam minyak? Gunakan minyak secukupnya dan goreng risol sedikit demi sedikit. Dengan ukuran wajan biasa yang kita gunakan di dapur, masukkan sekitar 3 atau 4 risol saja sekali menggoreng. Jangan terburu-buru memasukkan terlalu banyak risol ke dalam wajan penggorengan.

Ketika menggoreng risol jangan terlalu sering dibalik ya. Jika risol terendam minyak dengan baik, kita tidak perlu membolak-balik risol. Kalaupun dirasa perlu untuk membalik risol, maka lakukan maksimal sekali saja.

Kapan kita berhenti menggoreng? Risol dapat diangkat ketika warnanya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan dan permukaannya menjadi lebih keras, tidak lembek seperti risol yang belum matang.

4. Tiriskan Risol

Setelah risol matang, angkatlah dari wajan penggorengan dan tiriskan untuk beberapa saat, untuk memastikan minyak yang tersisa terjatuh dari risol. Setelah itu, risol siap untuk disantap.

Bagaimana, mudahkan cara menggoreng risol? Kelebihan membeli frozen risol adalah anda dapat menggorengnya kapan saja sesuka hati. Mau buat bekal sarapan si kecil ke sekolah? Bisa. Mau untuk cemilan sore ketika perut sudah mulai kruyuk-kruyuk juga tidak ada masalah.

Untuk pemesanan frozen risol dan delivery order, silahkan hubungi admin kami via Whatsapp di nomor 085954227622.

Categories
Blog

Bagaimana Falya Bisa Membantu Hidupmu, Jadi Lebih Indah

Tolong menolong dan kerja sama adalah suatu hal yang pasti diperlukan di dalam dunia ini. Setiap orang memiliki keahlian yang berbeda-beda, dan saling melengkapi satu sama lain. Tidak ada seorangpun yang dapat hidup seorang diri di dunia ini tanpa berinteraksi dan saling tolong menolong dengan orang lain.

Di Falya, setiap hari kami berkonsentrasi untuk dapat memberikan kemudahan dan kebahagiaan bagi Sobat Falya. Sebagai contoh, karena ada Falya, Anda ngga perlu repot-repot lagi untuk masak di rumah, atau bingung membuat cemilan apa untuk si kecil. Tapi tepatnya, apa lagi ya yang dapat Falya bantu? Yuk terus simak terus blog post ini ya.

1. Menyediakan Risol-risol Nikmat untuk teman segala aktivitas Anda

Alhamdulillah saat ini sudah ada 5 varian risol loh di Falya. Ada Risol Mayo, Risol Ragout, Risol Tuna, Risol Cheese Mozzarella dan terakhir ada Risol Beef Curry. Dari kelima risol ini, masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda.

Risol adalah kudapan yang pas untuk disantap di segala suasana loh. Ngga percaya, waktu kami masih buka outlet di Kutai Hill WIKA, hampir setiap pagi jam 6.15, ibu ibu komplek itu sudah mengunjungi outlet kami sambil terburu-buru untuk membeli risol karena anaknya sudah mau berangkat sekolah. Jadi ibu itu turun sebentar dari mobil dan bilang, “mba mba, cepet mba, saya mau beli risol… masukin ke sini aja ya” sambil menunjuk ke wadah makanan anaknya. Hahaha.. seru deh pokoknya.

2. Membuatkan Donat-donat Spesial untuk si kecil yang doyan ngemil

Donat adalah salah satu snack yang baru kami luncurkan di bulan Mei ini. Bermula dari keisengan kami untuk mencari cemilan buat si kecil di rumah, hingga akhirnya snack lezat ini bisa dinikmati di rumah Sobat Falya semua.

Kenapa Donat Falya? Pertama karena si kecil bakalan sangat menikmati topping dari Donat Falya, karena manisnya lembut, ngga bikin sakit di gigi. Kedua, donatnya juga lembut dan bukan tipe donat yang kempes. Makan satu aja udah lumayan kenyang, karena bisa mengisi perut dengan efektif, hehe..

Saat ini Donat Falya tersedia dengan topping original, yaitu taburan gula halus, strawberry, chocolate, tiramisu dan cheese atau keju. Oh iya, donat kejunya itu tebel dan berasa banget loh. Ini menurut pendapat mimin ya, tapi Anda harus coba sendiri deh kayanya. Selain donat keju, yang termasuk jadi favorit juga adalah donat tiramisu.

3. Menyediakan Hidangan Spesial Ayam Kampung dan Nasi Liwet Bakar

Hidangan spesial ini di Falya; Ayam Kampung dan Nasi Liwet Bakar. Ayam kampungnya bisa Anda pilih mau digoreng atau dibakar. Dua-duanya sama-sama enak, karena menawarkan dua citarasa tersediri. Ayam kampung itu maa syaa Alloh, salah satu makanan yang terlezat barangkali yang pernah ada. Dibumbui dengan bumbu yang meresap, hmm.. yang satu ini bisa bikin ketagihan. Mimin sih udah ketagihan banget sebenernya.

Menemani ayam kampung bakar atau goreng ada nasi liwet bakar. Nasi liwet ini adalah salah satu produk yang sudah dari awal menemani perjalanan Falya di dunia kuliner. Anda bisa pesan mau pedas atau tidak. Para pecinta pedas akan lebih bersemangat menikmati nasi liwet dengan tambahan cabe rawit di dalamnya. Untuk yang ngga suka pedas, jangan khawatir, Falya juga bisa buatkan nasi liwet bakar yang tidak pedas. Pedasnya bisa Anda atur sendiri dari sambal yang tersedia.

4. Menyiapkan Semangkuk Soto Hangat berisi Daging Sapi Lembut dan Kuahnya yang Nikmat

Menu ini bermula dari menu favorit di rumah kami. Kalau bikin soto ini, anak-anak bisa bolak balik nambah. Maka dari itu, kami berpikir, coba deh kita bakukan resepnya dan kita jadikan tambahan menu di outlet Falya. Alhamdulillah, menu ini masih ada sampai saat ini.

Menu ini sering dijadikan menu berbuka puasa oleh Sobat Falya. Menu berkuah yang disajikan panas-panas memang pas untuk dijadikan sahabat di kala berbuka puasa, jadi semakin semangat deh pokoknya. Selain itu Sobat Falya juga sering memesan untuk buah hati mereka di rumah, itu salah satu menu favorit mereka katanya.

5. Menyiapkan Menu Siap Goreng untuk Disajikan Kapan Saja

Menu siap goreng, ada apa saja sih? Nih, kami kasih tahu ya, di Falya itu ada frozen Risol, frozen Donut dan Ayam Ungkep. Untuk Ayam Ungkep sendiri ada 2 macam pilihan, yaitu ayam biasa dan ayam kampung.

Menu frozen risol ini sangat pas buat Sobat Falya yang perlu nyetok cemilan di rumah. Dikirim dalam bentuk frozen, risol-risol ini siap untuk disajikan kapan saja Sobat Falya mau. Jangan lupa untuk menyimpannya di freezer dalam keadaan beku ya. Frozen risol bisa tahan 5-7 hari di freezer.

Selain frozen risol, ada juga frozen donut. Yes, ini adalah donat-donat yang dibekukan. Bisa tahan jauh lebih lama dong pastinya. Ketika sobat Falya ingin menghidangkannya, tinggal menggorengnya sebentar, dan donat siap untuk dihidangkan.

6. Membantu untuk Beramal Soleh dengan Menyiapkan Paket Donasi

Yes, berdonasi saat ini sudah semudah menjentikkan jari. Falya menyediakan berbagai paket untuk donasi, dengan berbagai menu dan macamnya. Selain paket makanan jadi, di Falya juga Sobat bisa berdonasi sembako.

Untuk pendistribusiannya, bisa diserahkan kepada Falya sepenuhnya atau sesuai dengan arahan dari Sobat Falya sendiri. In syaa Alloh kami menyediakan layanan ini secara amanah dan terpercaya. Di hari yang sama atau paling lambat H+1, Sobat Falya akan menerima laporan dan dokumentasi dari pembagian paket donasi yang telah dilakukan

Beef Curry Risol, varian risol terbaru di Falya Risol Balikpapan
Beef Curry Risol, varian risol terbaru di Falya Risol Balikpapan

Itulah sekilas yang bisa kami lakukan untuk membantu Sobat Falya semua. Semoga ke depannya lagi semakin banyak yang bisa kami lakukan ya, aamiin. Untuk pemesanan, silahkan jangan ragu untuk menghubungi kami via WA di nomor 085954227622.

Categories
Blog

Beef Curry Risol, Varian Terbaru Falya

Beberapa waktu lalu kami telah meluncurkan varian terbaru kami loh! Namanya Beef Curry Risol. Risol satu ini didominasi oleh daging sapi cincang dengan bumbu kari. Sama seperti halnya Donat Falya, Beef Curry Risol juga tercipta di saat kami banyak berdiam di rumah, karena outlet Falya di Komplek Masjid An-Nasa’i masih kami tutup sampai saat ini.

Hadirnya varian terbaru risol ini semakin melengkapi jenis risol yang sudah ada di Falya selama ini, yaitu Risol Mayo, Risol Ragout, Risol Tuna dan Risol Cheese Mozzarella.

Kriteria Risol yang Enak

Risol merupakan makanan ringan yang sangat pas dikonsumsi di waktu apapun. Di waktu pagi, dia bisa menjadi teman sarapan yang cukup mengenyangkan, apalagi ditambah dengan segelas teh manis panas. Di waktu siang, cocok untuk menemani waktu istirahat kita di sela-sela aktivitas yang padat. Mau buat cemilan malam pun cocok loh!

Dari sisi kualitas, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah risol agar bisa dinikmati secara maksimal.

Pertama, kita mulai dari yang paling luar dulu ya, yaitu kulitnya. Kulit risol haruslah kulit yang lembut dan jangan terlalu tebal. Jika kulit terlalu tebal, maka ketika kita menggigit risolnya, maka rasa yang muncul secara dominan adalah rasa kulitnya, dan ini yang harus kita hindari. Setiap gigitan itu harus didominasi oleh rasa dari isi risol itu sendiri. Misalkan Risol Mayo, maka ketika kita menggigitnya, rasa yang harus muncul adalah rasa mayonaise itu sendiri, kemudian diikuti oleh daging sapi, irisan telur lalu macaroni. Kulit risol juga harus diproses secara tepat, jangan terlalu gosong, namun juga jangan terlalu lembek.

Kedua, adalah isian dari risol itu sendiri. Isian risol haruslah terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas. Kualitas bahan akan secara langsung mempengaruhi rasa yang dihasilkan. Pastikan untuk selalu memilih bahan yang segar. Proses menggulung risol harus dilakukan secara cepat dan efisien, agar bahan isian tidak terlalu lama berada di suhu ruangan.

Ketiga, adalah cara menggoreng risol. Walaupun terlihat sederhana, tapi memang menggoreng risol memerlukan pengetahuan dan keterampilan tersendiri. Kami akan tulis satu blogpost khusus yang membahas mengenai hal ini, in syaa Alloh.

Pengalaman Menyenangkan

Salah satu pengalaman menyenangkan bagi kami selaku produsen risol adalah tentu saja ketika mendapat feedback bagus tentang produk yang baru saja diluncurkan. Alhamdulillah, baru saja salah seorang Sobat Falya mengirimkan wa kepada kami untuk menyampaikan bahwa dia dan anaknya suka dengan Beef Curry Risol. Satu pesan yang singkat, tapi membuat kami semakin semangat untuk berkarya, karena ternyata karya kami mampu untuk menghadirkan satu senyuman di rumah Sobat Falya.

Oh iya, tersedia juga risol dalam kondisi beku ya, atau yang biasa kami sebut sebagai frozen risol. Dengan risol ini, kamu bisa menikmati risol hangat kapan saja kamu suka.

Buat kamu yang belum pernah coba Beef Curry Risol boleh langsung menghubungi admin kami via WA di 085954227622. Delivery baru bisa untuk area Balikpapan ya.

Categories
Blog

Inspirasi di Balik Menu Donat Falya

Berdiam diri di rumah tidak selamanya menjadi hal yang membosankan loh. Jika kita punya sedikit saja rasa keingin tahuan dan rasa penasaran, ternyata kita bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat, bukan hanya bagi kita, namun juga bagi orang-orang di sekitar kita. Pandemi Covid-19 masih belum mereda, jalanan masih kosong dan orang-orang banyak mengunci diri di rumahnya masing-masing. Kami pun demikian, satu-satunya outlet kami terpaksa kami tutup demi melaksanakan social distancing. Satu sisi positifnya yaitu kami jadi punya lebih banyak waktu di rumah, tidak terlalu repot mengurusi urusan logistik outlet.

Cemilan Anak-anak

Di hari-hari ini, tidak ada anak-anak yang berangkat sekolah. Setiap orang tua menyimpan buah hati mereka di dalam rumah dan tidak membiarkannya keluar, karena khawatir terserang virus yang tak terlihat. Belajar pun dilakukan dari rumah, home learning namanya. Belajar dan bertemu teman dan guru cukup diwakili dari melihat wajah mereka dari layar hape ataupun laptop.

Bahayanya kondisi seperti ini adalah para orang tua harus kreatif memikirkan acara mereka sehari-hari di rumah. Bukan hanya acara sehari-hari, tapi cemilan tambahan juga! Jadilah di rumah kami membuat berbagai macam menu baru buat anak-anak, sekedar untuk mengganjal perut mereka yang sepertinya ngga pernah berhenti lapar.

Donat Falya, sudah coba?

Bukan Donat Kentang

Sampai suatu saat, akhirnya kami iseng-iseng untuk membuat donat. Donat ini sebetulnya snack yang cocok dimakan kapan saja. Bisa dimakan pagi untuk sarapan beserta segelas susu coklat hangat, bisa disantap siang sebagai cemilan, atau kopi sore beserta segelas teh hangat. Tujuan kami adalah membuat donat yang lembut, dengan rasa yang tidak terlalu mencolok. Dan satu hal lagi, donat ini bukan donat kentang ya. Seorang customer sempat menanyakan hal ini kepada kami. Kami jawab, “bukan mba, ini adalah donat susu bukan donat kentang.”

Topping yang tersedia saat ini adalah original, coklat, strawberry, tiramisu dan keju. Donat original adalah donat dengan taburan gula halus. Adanya varian donat original ini juga datangnya dari seorang customer yang meminta donat dengan taburan gula halus. Mimin terus terang suka sekali dengan donat keju karena perpaduan antara cream dan kejunya terasa pas sekali. Kalau kamu, suka yang mana?

Categories
Blog Video

Video: Tips Memasak Telor Dadar Lembut

Memasak merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, karena dengan memasak, kita bisa membahagiakan orang-orang yang kita sayangi. Untuk bisa belajar memasak dengan baik, kita harus memulai dengan sesuatu yang sederhana tapi hasilnya enak. Salah satu contoh latihan memasak yang bisa kita lakukan adalah dengan memasak telor dadar. Yups, siapa yang tidak mengenal telor dadar. Telor jenis ini sangat mudah untuk dimasak dan hampir semua orang yang memiliki keinginan untuk bekerja di dapur bisa untuk membuatnya. Tapi jangan salah loh, ternyata ada cara untuk memasak telor dadar agar teksturnya enak dan lembut.

Memasak telor dadar dengan cara yang tidak tepat, hanya akan menghasilkan telor matang yang teksturnya kering dan cenderung keras. Apalagi jika sebagian kulitnya sudah mulai berwarna coklat, walaupun belum gosong. Dengan tekstur seperti ini, segala karakteristik keunggulan telor yang seharusnya lembut, menjadi hilang.

Telor dadar dengan tekstur yang lembut pun sangat diminati oleh keluarga kita, terutama anak-anak. Setelah mempraktekan cara ini di rumah kami, anak-anak selalu meminta jenis telor dadar ini karena suka dengan tekturnya yang lembut dan empuk.

Jadi, bagaimana cara memasak telor dadar agar menghasilkan telor yang lembut? Yuk, kita sama-sama simak tips singkat berikut ini:

Simak tips berikut ini agar hasil telor dadar kamu semakin lezat!