Categories
Blog

Tips Membakar Ikan yang Nikmat

Simak tips berikut ini untuk mendapatkan hasil ikan bakar yang lezat maksimal.

Ikan bakar adalah salah satu makanan terlezat yang ada di dunia ini. Laut dan ekosistem air tawar memang menyediakan banyak sekali sumber bahan makanan yang tidak hanya menyehatkan namun juga sangat nikmat jika kita bisa mengolahnya. Makanan laut yang paling mudah didapat tentu saja adalah ikan. 

Jika Anda berkunjung ke Kota Balikpapan, maka salah satu kuliner yang wajib untuk dicicipi adalah ikan bakar. Balikpapan adalah kota dengan garis pantai yang panjang, sehingga akses penduduknya terhadap ikan dan kekayaan laut lainnya sangatlah baik. Di kota ini juga harga ikan, terutama ikan laut, lebih murah dibandingkan dengan di kota-kota besar lainnya. 

Kembali ke tema ikan bakar, ada beberapa hal yang sangat menentukan enak tidaknya kita membakar ikan. Setelah beberapa waktu bergelut dengan dunia ikan bakar, kami memperhatikan ada beberapa tips yang dapat kita lakukan agar hasil ikan bakar kita semakin nikmat.

1. Gunakan Ikan yang Segar

Ikan yang segar memiliki rasa yang lebih kaya dibandingkan dengan ikan yang lebih lama dibekukan. Daging ikan segar akan terasa lebih manis jika dikonsumsi dalam keadaan baru ditangkap dari laut. Pandai-pandailah dalam memilih ikan di pasar. Jika memungkinkan, beli ikan yang baru ditangkap hari itu juga. Cara mudah untuk memilih ikan adalah dengan melihat insangnya, jika masih terlihat merah dan segar, berarti ikan tersebut masih segar dan layak untuk dikonsumsi.

2. Buat Sayatan dan Pastikan Bumbu Meresap

Ini tips yang sederhana tapi kalau lupa untuk dilakukan, bisa mengurangi kelezatan ikan bakar. Ikan segar sebelum dibakar harus dibalur dulu dengan bumbu, dan bumbu ini harus dipastikan masuk ke dalam tubuh ikan. Ketika bumbu ikan sudah meresap masuk ke dalam ikan, maka hasil ikan bakar akan semakin lezat. Nah, disinilah fungsi sayatan di tubuh ikan, agar bumbu bisa lebih cepat meresap ke dalam daging ikan.

3. Sering Bolak-balik Ikan

Membakar ikan harus ditunggu dan tidak bisa disambi dengan pekerjaan lain atau ditinggal nonton tv. Daging ikan akan cepat sekali matang jika terkena panas api, sehingga ketika kita membakar ikan, kita harus betul-betul mengamati kondisi dagingnya dan sering membolak-balik ikan. Jika satu sisi terlalu lama dibakar, maka sisi tersebut akan mudah sekali gosong. Ikan yang gosong tentu saja tidak akan nikmat untuk dikonsumsi.

4. Tahu Kapan Harus Berhenti Membakar

Cara termudah untuk mengetahui kapan harus berhenti membakar adalah dengan melihat warna dan kekenyalan daging ikan. Daging ikan mentah biasanya berwarna putih pucat dan jika dipegang agak keras dan sangat kenyal. Teruskanlah membakar hingga dagingnya terlihat matang dan terasa lembut. Jangan terlalu lama membakar, karena pada dasarnya daging ikan akan cepat sekali matang. Ini tentu saja perlu pengalaman dan jam terbang 🙂

Nah, setelah mengetahui tips-tips cara membakar ikan di atas, saatnya kita belanja ikan segar dan praktek langsung di dapur kita. 

2 replies on “Tips Membakar Ikan yang Nikmat”

Mau tanya donk admin.

Saya pernah coba belajar bakar sendiri. Tapi saat saya angkat ikannya (karena bagian luarnya sudah terlihat gosong) ternyata bagian dalam ikan masih terasa hanyir (amis) karena masih mentah..

Gimana tips dan cara memastikan ikan yang dibakar matang tapi tidak menyebabkan gosong.

Yang pertama, jangan pakai api yang terlalu besar. Pakai api kecil. Ini akan memastikan panasnya meresap sampai ke dalam ikan bakar.

Yang kedua, jangan sampai ada jilatan api yang mengenai ikan yang sedang dibakar.

Yang ketiga, selalu cek apakah bagian dalam ikan sudah cukup panas atau belum. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan ujung pisau yang tipis.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *